Menulis Kreatif Matematika

M. Aan Mansyur

KAMU sering gagal menuliskan sesuatu karena merasa idemu basi—sudah dituliskan oleh sejumlah orang lain sebelum kamu. Saya tahu, karena saya juga sering jatuh tersandung batu yang sama.

Salah satu tugas penulis adalah menemukan—meminjam puisi Robert Frost—the road not taken, jalan yang belum ditempuh orang lain. Jika setuju, kamu akan lebih mudah terlepas dari situasi yang saya sebutkan di awal tulisan ini. Jika tidak setuju, tugas catatan ini adalah membuatmu setuju.

JANGAN malas. Kamu pasti setuju bahwa aturan itu tidak hanya bagus untuk diterapkan di dunia tulis-menulis. Begitulah. Atau, jangan-jangan, kamu sudah mencetak poster dengan tulisan klise semacam itu dan menempelnya di dinding kamarmu. Jika ingin menjadi ahli matematika atau penulis, kamu harus tekun dan tidak bergantung kepada hal-hal yang bisa membuatmu malas dan tidak kreatif.

Baiklah, meskipun ini catatan ihwal menulis kreatifkarena saya lebih senang menulis ketimbang menghitungsaya ingin mengajakmu untuk kembali belajar cara berhitung di luar kepala. Saya percaya bahwa menulis kreatif sama dengan memecahkan soal matematika tanpa menggunakan kalkulator.

Berapa lama waktu yang biasanya kamu butuhkan jika seseorang tiba-tiba meminta bantuan memecahkan soal perkalian ini: 29 x 21 = ….? Lima menit? Sepuluh menit? Atau, satu jam? Maksud saya, kamu harus menghitungnya tanpa menggunakan mesin hitung dan alat tulis.

Sebelum menjawab, saya akan mengajarimu memecahkan soal pengalian dengan metode sederhana. Misalnya: 6 x 57. Mula-mula, 6 x 50 = 300, lalu 6 x 7 = 42. Tambahkan keduanya untuk menemukan hasil 342. Mudah, bukan?

Ini contoh yang lain: 7 x 29 sama dengan berapa? Kita tahu bahwa 7 x 20 = 140 dan 7 x 9 = 63. Hasilnya, 140 + 63 = 203. Tetapi, ada alternatif lain untuk memecahkannya. Andaikan 29 sebagai 30 – 1, lalu kerjakan 7 x 30 = 210. Kemudian kurangkan dengan hasil 7 x 1. Hasilnya, 210 – 7 = 203. Nah!

SEKARANG, saya yakin kamu bisa dengan cepat menyebut angkat 609 untuk soal 29 x 21. Dan, ya, itu betul. Tapi catatan ini bukan tentang betul dan salahnya jawabanmu. Catatan ini ingin menunjukkan bahwa setidaknya ada 4 cara mudah, tepat, dan cepat untuk mengetahui jawaban pertanyaan di atas tanpa menggunakan kalkulator.

Kamu percaya? Jika tidak percaya, saya akan menguraikannya satu per satu.

Saya tahu, banyak orang yang selama ini menganggap hanya ada satu cara memecahkan soal semacam itudan merasa nyaman menggunakan cara itu terus-menerus. Jika ingin jadi penulis kreatif, kamu harus segera keluar dari golongan orang-orang malas semacam itu!

Pertama, kita bisa menempuh Cara Penambahan. Mula-mula, kamu bisa ‘berpura-pura’ menganggap 21 sebagai 20 + 1. Selanjutnya, kamu akan jadi lebih mudah karena 20 x 29 = 580. Ingat, kamu harus juga mengalikan 1 x 29 untuk mendapatkan 29. Sekarang, tambahkan keduanya: 580 + 29. Hasilnya: 609.

Kedua, kita juga bisa menempuh Cara Pengurangan. Mula-mula, andaikan bilangan 29 sebagai 30 – 1 dan kita dapatkan 30 x 21 = 630. Selanjutnya, jangan lupa, 1 x 21 = 21. Terakhir, kurangkan keduanya dan kita mendapatkan 630 – 21 = 609.

Ketiga, kita juga bisa menggunakan Cara Faktor. Andaikan bilangan 21 sebagai 7 x 3 untuk mengubah 29 x 21 menjadi 29 x 7 x 3. Mula-mula, hitung 29 x 7 = 203 (Ingat, cara yang sudah kita lakukan pada latihan sebelumnya!) Lalu, kalikan bilangan tersebut dengan 3 untuk mendapatkan 203 x 3 = 609.

Keempat, ternyata kita juga bisa memecahkannya dengan Cara Sulap. Bulatkan masing-masing bilangan untuk mendapatkan 30 x 20 = 600, lalu tambahkan dengan 9 x 1 = 9. Kamu lihat hasilnya? Iya, 609. Jangan tanya saya kenapa bisa begitu!

*

SATU soal matematika—sesuatu yang sering orang anggap sebagai ilmu pasti—ternyata bisa dipecahkan melalui berbagai cara. Mulai sekarang, kamu harus percaya bahwa satu ide tulisan pasti bisa diungkapkan melalui lebih banyak cara.

Jadi, tinggalkan kalkulatormu sekarang. Maksud saya, tinggalkan kemalasanmu. Carilah cara baru untuk mengungkapkan ide yang semula kamu anggap basi itu—dan mulailah menuliskannya.

Karena sudah berbagi kiat berhitung tanpa menggunakan kalkulator, saya ingin kamu memecahkan soal berikut ini. Sekali lagi, percayalah judul tulisan ini. Jika bisa menjawab soal berikut ini, kamu mungkin akan punya kiat menulis yang lebih baik.

Sebutkan angka selanjutnya dari urutan angka berikut ini: 2, 5, 4, 1.000, 11, ….

Sudah dapat jawabannya?

Belum?

Belum tahu jawabannya?

Butuh saya bikinkan kopi?

Bagaimana?

Tidak tahu? Duh!

Baiklah, jawaban yang tepat adalah dua belas.

Dari sini, dari tempat saya duduk saat ini, saya bisa mendengar kamu bertanya heran. Kok bisa? Hahaha!

Sebetulnya mudah saja. Lihat ini: dua, lima, empat, seribu, sebelas, dua belas.

Tunggu, selain dua belas, jawaban yang betul juga bisa dua puluh, dua ratus, tiga ribu, lima ribu, tiga juta, lima juta, enam juta, …

Jika kamu masih melontarkan ‘Kok bisa?’ yang lain, sungguh, saya tidak tahu mau bilang apa lagi.

*

Leave a Reply

